Jumat, 19 Agustus 2011

HOLIDAY CHALLENGE

Jumat, 19 Agustus 2011
 EDUCATION AND SCIENTIC RESEARCH DEPARTMENT
SMA Unggulan CT foundation

HOLIDAY CHALLENGE
Petunjuk:
1. Holiday challenge terdiri dari 8 soal science , meliputi fisika, matematika, biologi dan kimia.
2. Setiap mata pelajaran terdiri dari 2 soal beserta bobot nilai masing-masing soal terlampir.
3. Challenge ini diwajibkan kepada seluruh siswa kelas X SMA Unggulan CT Foundation.
4.         -  Lembar jawaban ditulis di kertas HVS/ukuran A4.
- Menggunakan bolpoint berwarna hitam.
- Mencantumkan identitas nama, kelas, sekolah, dan tanggal pengumpulan.
- Dan lembar jawaban dapat diketik dan dikirim di alamat terlampir.
5. Batas akhir pengumpulan pada tanggal 9 September 2011 pukul 10.00 WIB .
6. Lembar jawaban dapat dikirim melalui via email ke alamat:
       nurul.camut@yahoo.co.id dan rizal2410@yahoo.co.id
7. Lembar soal dapat diambil dan diperbanyak di alamat blogger berikut.
      nurulfadliani.blogspot.com
8. Segala bentuk kecurangan akan ditindak lanjuti.

 NB: disarankan untuk mengcopy petunjuk dan soal dari posting alamat blogger yang terlampir untuk mengetahui bentuk soal matematika dan kimia yang tidak jelas.




SOAL HOLIDAY CHALLENGE

1.      Sebuah helikopter memerlukan daya p untuk mengangkat orang. Daya tersebut hanya bergantung pada w (berat total helikopter dan orang),  ρ (massa jenis udara) dan l (panjang tali pengangkut).
a.       Tentukan rumus daya helikopter tersebut ?(score :5)
b.      Jika untuk mengangkut beban total w adalah po , tentukan daya untuk mengangkut beban total 2w ? (score : 5)
2.      Sebuah pesawat dengan massa m terbang  pada ketinggian tertentu dengan laju ѵ. Kerapatan udara diketinggian itu adalah ρ. Diketahui bahwa gaya angkat udara pada pesawat bergantung pada : kerapatan udara, laju pesawat, luas permukaan sayap pesawat A dan suatu konstanta tanpa dimensi yang bergantung geometri sayap. Pilot pesawat memutuskan untuk menaikan ketinggian pesawat sedemikian sehingga rapat udara turun menjadi 0,5ρ. Tentukan berapa kecepatan yang dibutuhkan pesawat untuk menghasilkan gaya angkat yang sama ? ( score : 8 )
3.      Tentukanlah hasil dari bentuk : (score : 10)
                                                                          

4.   Hitunglah! ( score : 10)
5.  Beberapa prokariota mampu bereproduksi sekali dalam setiap setengah jam. Andaikan anda mendapatkan sebuah bakteri tunggal dalam suatu media biakan yang sesuai dan bakteri tersebut (bersama keturunanya) terus melakukan reproduksi (perbanyakan) dengan laju tersebut. Berapa banyak sel yang ada setelah 2 jam ? Setelah total 12 jam? Faktor apakah yang menentukan berapa lama jenis peningkatan ini akan berlangsung? ( score : 5 )
6.  Pejabat kesehatan seluruh dunia sangat peduli terhadap munculnya kembali penyakit yang disebabkan oleh prokariota yang sudah resisten antibiotik standar. Sebagai contoh, bakteri resisten antibiotik sekarang menyebabkan suatu epidemi tuberculosis ( TB), suatu penyakit paru-paru yang menyebar melalui butiran-butiran partikel di udara , obat-obatan dapat mengurangi gejala TB dalam beberapa minggu, akan tetapi memerlukan waktu yang lebih lama untuk menghentikan infeksi tersebut dan pasien kemungkinan akan menghentikan pengobatan sementara bakteri masih tetap ada. Mengapa prokariota tersebut dapat menginfeksi kembali seorang pasien secara cepat jika organisme itu tidak dibasmi? Bagaimana mungkin hal ini berpengaruh pada evolusi patogen yang resisten terhadap obat?
     ( score : 8 )
7.   Unsur  dan unsur  adalah pasangan isobar. Jumlah nomor massa kedua unsur tersebut adalah 262. Jumlah proton dalam inti unsur X adalah 31 buah lebih sedikit dari jumlah neutronnya. Selisih nomor atom x dan y adalah 3. Tentukan nomor atom dan nomor massa X dan Y serta tuliskan lambang unsur X dan Y tersebut! ( score : 5 )
8.  Unsur iodin di alam terdiri dari 3 isotop yaitu I-126, I-127 dan I-131. Kelimpahan isotop I-131 adalah 3%. Bila Ar rata-rata I di alam adalah 126,9. Tentukan berapa persentase kelimpahan I-126 dan I-127? ( score : 5 )


Do your the best
CTF......... Bisa..!!!!!!!


0 komentar:

Posting Komentar

Pages